Apple meluncurkan sistem operasi iOS14 dalam pegelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) 2020. Pembaruan dalam sistem operasi ini termasuk halaman Home Screen, Apple Library, hingga Messages.

Aplikasi lainnya yang mendapat pembaruan adalah fitur Translate, Siri, Air Pods, Digital car keys Find My, Safari, Health, Weather, dan Accessibility.

Anda bisa melihat fitur-fitur terbaru di iOS 14 di sini (https://www.apple.com/ios/ios-14-preview/).

Home Screen Widget
Apple mendesain ulang widget yang berada di halaman muka (Home). Widget didesain agar bisa diletakkan dalam berbagai ukuran pada halaman Home.

Pengguna juga dapat menggunakan fitur Smart Stack of widget, yang menggunakan AI pada perangkat untuk memunculkan widget yang berdasarkan waktu, lokasi, dan aktivitas

Halaman Home dapat menampilkan widget yang disesuaikan untuk pekerjaan, perjalanan, olahraga, hiburan, dan topik lainnya.

App Library
Pada halaman akhir Home Screen, Apple menyematkan fitur App Library. Fitur ini akan otomatis mengatur semua aplikasi pengguna menjadi satu tampilan sederhana.

Fitur ini menggunakan AI yang bisa memprediksi aplikasi apa yang akan digunakan pengguna.Pengguna dapat memilih berapa banyak halaman Home Screen untuk menampilkan App Library.

Tampilan panggilan FaceTime dan telepon baru
FaceTime, panggilan telepon dan Siri juga didesain ulang agar pengguna tetap bisa melakukan aktivitas. Dengan dukungan Picture-in-Picture, pengguna iPhone sekarang dapat menonton video atau melakukan panggilan FaceTime saat menggunakan aplikasi lain.

App Clip
App Clip dibuat agar pengguna bisa membuka versi mini dari sebuah aplikasi. Fitur dikaitkan dengan produk atau bisnis tertentu, dan bisa terbuka dalam hitungan detik.

Fitur dikhususkan untuk menyelesaikan tugas tertentu, seperti menyewa skuter, membeli kopi, atau membayar meteran parkir. Aktivitas tersebut dapat dengan mudah ditemukan dan diakses dengan memindai kode App Clip yang dirancang Apple, baik dengan menggunakan NFC, QR Code, atau melalui Messages.

Pembaruan di Messages
Fitur Messages juga turut mendapatkan pembaruan di Apple. Pengguna dapat menyematkan atau pinned percakapan ke bagian atas daftar pesan. Pengguna juga dengan mudah mengikuti percakapan melalui mention dan replie

Pengguna juga bisa menggunakan gambar atau emoji untuk foto profil grup. Memoji terbaru lebih beragam dengan berbagai tambahan gaya rambut, topi, penutup wajah, dan lain-lain.

Peningkatan fitur privasi
Dalam pembaruan iOS, aplikasi akan diminta untuk mendapatkan izin pengguna sebelum melakukan pelacakan. Akhir tahun ini, halaman produk App Store akan menampilkan ringkasan dari praktik privasi yang dilaporkan sendiri oleh pengembang, ditampilkan dalam format yang sederhana dan mudah dipahami.

Selain itu, pengguna dapat memperbarui akun Apple. Pengguna dapat memilih untuk membagikan perkiraan lokasi pengguna dengan pengembang aplikasi daripada lokasi spesifik dan mendapatkan lebih banyak transparansi dalam penggunaan aplikasi terhadap mikrofon dan kamera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *