Langkah Membuat Kacamata Khusus Untuk Mengamati Matahari

Langkah Membuat Kacamata Jika fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) diamati, orang dilarang melihat fenomena itu dengan mata telanjang. Karena itu dapat mempengaruhi kesehatan mata dan bahkan menyebabkan kebutaan.
Karena itu, orang disarankan untuk menggunakan kacamata khusus yang dibungkus dengan filter matahari.

Langkah Membuat Kacamata Menurut Peneliti Planetarium dan Observatorium Senior Jakarta Widya Sawitar, orang dapat memperoleh kacamata khusus untuk mengamati GMC melalui sejumlah komunitas astronomi.
Kacamata biasanya dihargai antara 20 ribu dan 35 ribu masing-masing.

Komunitas [Astronomi] menjual [kacamata khusus GMC]. Bergantung pada bahan dan desain filter, biasanya Rp 20 ribu hingga Rp 35 ribu.
Menurut Widya, orang sebenarnya bisa membuat kacamata GMC sendiri, tetapi harus memiliki pemahaman yang baik tentang langkah-langkah pembuatan.

Langkah Membuat Kacamata Jika Anda tidak memahaminya, itu cukup sulit. Di masa lalu, Anda bisa menggunakan film positif, dan sekarang sulit mendapatkannya.

Selain itu, filter matahari, yang merupakan bahan utama untuk melihat GMC, jarang dijual di pasaran. Pedagang astronomi biasanya menjual kacamata khusus jika ada pesanan.

Baca Juga : Masih Bisa Dikunjungi Sampai Kini, Inilah Daftar 9 Taman Hiburan Tertua di Dunia

Meskipun demikian, jika Anda masih ingin mengamati Cincin Gerhana Matahari yang hanya terjadi setiap 12 tahun sekali di Indonesia. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk membuat adaptor filter surya:

  • Siapkan Sun Filter, kardus dupleks dan kertas HVS, kutipan dari forum diskusi Astronomical World yang diajukan oleh Hanief Trihantoro. Anda juga perlu menyiapkan alat seperti gunting, pemotong, pita, pita dua sisi, lem, penggaris, pita pengukur dan pin.
  • Anda harus mengukur lingkar luar lensa dengan pengukur besar dan pita pengukur lalu mengukur panjangnya dengan penggaris. Lalu sisakan 3 inci hingga 5 inci untuk area gusi.
  • Juga, ukur kedalaman adaptor di tepi luar lensa, lalu biarkan 3 cm hingga 5 cm untuk area gusi. Kemudian potong dengan pemotong atau gunting.
  • Dua area lem yang tersisa terbelah dua sehingga mereka dapat melekat pada sisi lainnya. Kemudian letakkan lem atau selotip dua sisi di kedua sisi dan lem.
  • Kemudian tempatkan kertas HVS di sekitar lensa. Setelah kering, keluarkan kertas HVS dan potong area lem (yang melekat pada karton tempat filter diterapkan) dan kemudian menerapkan pita perekat dua sisi.
  • Buat dua pola persegi untuk memasang filter yang terhubung ke adaptor. Tetapi pola persegi ini harus 3 inci lebih besar dari ukuran filter. Misalnya ukuran filter adalah 10 x 10 cm, maka ukuran persegi karton harus 13 x 13 inci.
  • Rekatkan lem atau pita perekat dua sisi di sekitar lubang, lalu rekatkan filter ke karton. Rekatkan satu kardus lagi ke dalam karton dengan filter terpasang.
  • Langkah terakhir adalah memasang tabung adaptor ke karton filter. Tambahkan kertas pelindung agar filter tidak cepat kotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *